Pages

5 Cara Mudah Menambah Berat Badan yang Sehat

Cara Menambah Berat Badan - Berat badan yang kurang (kurus/underweight) mungkin sama tidak sehatnya dengan berlebihan berat badan (obesitas/overweight). Kesehatan tubuh secara umum bisa dipelihara dengan menjaga berat badan agar tetap berada dalam batas yang sehat dan normal. MbakMinah

Banyak dari kita berpikir bahwa makan dalam jumlah yang besar, seperti makanan junk-food yang berlemak, adalah cara tepat untuk menambah berat badan. Itu tidak benar! Menaikkan berat badan tidak dilakukan dengan hanya ‘makan segalanya’, karena bisa jadi malah menimbulkan gangguan kesehatan. Kuncinya adalah berat badan harus didapatkan dengan cara yang sehat pula.

Sekadar menambah berat badan, tidaklah sulit. Makan kentang goreng yang banyak ditambah minuman manis setiap hari, dijamin berat badan kamu akan bertambah dalam waktu singkat. Tapi, tujuan kita bukan hanya menjadi lebih gemuk. Tujuan kita adalah mencapai berat ideal dengan cara yang sehat.

Cara Mudah dan Sehat untuk Menambah Berat Badan:

1. Tambahkan Kalori yang Sehat

kalori, sehat, makanan sehat, makanan
makanan berkalori sehat

Tanpa harus mengubah pola makan secara ekstrem, kamu bisa menambah asupan kalori dengan menambahkan ekstra susu full cream, kacang-kacangan, alpukat, telur, atau gandum utuh ke dalam menu harian kamu.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Ternyata Malah Bisa Bikin Gemuk

2. Pilih Makanan Padat Gizi

makanan bergizi, makanan, gizi, makanan sehat
makan bergizi yang sehat untuk tubuh

Daripada makan junk food yang tidak sehat, sebaiknya fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju. Pilih sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah.

3. Ngemil

jus, minuman sehat, jus buah
minum jus buah

Ada baiknya kamu ngemil di antara waktu sarapan dengan makan siang, dan juga antara makan siang dengan makan malam. Pilih camilan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat sehat seperti protein bar, kacang rebus, atau minum jus buah buatan sendiri.

Baca Juga: Manfaat Latihan Yoga bagi Tubuh dan Kesehatan

4. Makan Dalam Porsi Kecil

makan, porsi kecil, makan sedikit
makan porsi kecil

Jika kamu sedang galau, mungkin makan dalam porsi biasa atau porsi besar sulit untuk dilakukan. Pertimbangkan makan dalam porsi kecil tapi lebih sering untuk meningkatkan asupan kalori kamu.

5. Latihan Beban
ngegym, latihan beban
latihan beban atau gym

Latihan aerobik bisa membantu membakar kalori menurunkan berat badan. Sebaliknya, latihan beban dan yoga bisa membantu menaikkan berat badan dengan cara membangun masa otot. Walhasil, tubuh kamu jadi terlihat lebih kencang dan berisi.

Dengan mengikuti panduan dan juga tips di atas, memiliki tubuh yang berisi dan sehat diharapkan bukan hanya sebuah impian.

#Tambahan: Sebelum memulai program menaikkan berat badan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram