Pages

WOW, Inilah Manfaat Latihan Yoga bagi Tubuh dan Kesehatan

Manfaat Yoga - Yoga berasal dari bahasa Sansekerta, arti dari kata Yoga sendiri adalah memusatkan seluruh pikiran supaya dapat mengendalikan panca indera. Ini berarti seseorang yang melakukan gerakan yoga harus mampu berkonsentrasi penuh, mengatur serta mengontrol guna menciptakan keselarasan, keseimbangan antara jiwa, pikiran dan tubuh.

Olah tubuh yang satu ini banyak direkomendasikan oleh dokter sebagai salah satu cara memerangi penyakit. Nyatanya, yoga memang bermanfaat. Berikut ini manfaat yoga bagi tubuh dan juga kesehatan kita:


  • Membuat Awet Muda

awet muda, manfaat yoga

Orang yang rutin latihan Yoga paling tidak 2 tahun memiliki lebih banyak enzim telomerase yang bisa mengurangi kerusakan DNA. Guinness Book of World Records menobatkan Tai Porchon-Lynch sebagai instruktur yoga paling tua. Saat itu usia Lynch 93 tahun. Ia mengajar yoga di kota New York, Amerika serikat. Lynch berbagi tips bagi Anda yang ingin membuat perubahan dalam hidup.


  • Meningkatkan Imunitas (Kekebalan Tubun)

imunitas, kekebalan tubuh, manfaat yoga

Wanita yang melakukan gerakan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan kortisol 94 persen lebih rendah dalam kondisi stres dibandingkan dengan yang tidak yoga. Kortisol tinggi terbukti melemahkan imunitas.


  • Menghancurkan Lemak di Perut

lemak perut, menghancurkan lemak, manfaat yoga

Seorang wanita yang kelebihan berat badan mencoba melakukan yoga selama 6 bulan, dan ia berhasil menghiancurkan lemak di perut dua setengah kali lipat lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya melakukan peregangan. Dalam kondisi rileks, produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab utama munculnya lemak jadi menurun.


  • Menurunkan Tekanan Darah

manfaat yoga, tekanan darah

Seseorang yang rutin latihan yoga 45 menit, tiga kali dalam seminggu selama 12 minggu, ditambah diet sodium rendah, memiliki tingkat penurunan tekanan darah sistolik 33 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya diet saja.


  • Mengurangi Resiko Diabetes

diabetes, manfaat yoga

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan melakukan Yoga Bikram tiga kali dalam seminggu selama 8 minggu, matoleransi glukosa meningkat secara signifikan pada orang dewasa yang lebih tua dan orang gemuk.


  • Menekan Sakit Kronis

fibromyalgia, manfaat yoga, mengurangi rasa sakit

Sebuah penelitian di Kanada menemukan perempuan penderita Fibromyalgia yang ikut yoga Hatha 75 menit dua kali seminggu, mengaku sakitnya menurun secara signifikan setelah 8 minggu.


  • Mengurangi Sakit Punggung

sakit punggung, manfaat yoga

Pasien yang menderita nyeri punggung bawah kronis dan ikut kelas mingguan Yoga Iyengar, dan mempraktikkannya sendiri di rumah 30 menit selama 5 hari dalam seminggu mengalami berkurangnya intensitas rasa sakit hingga 44 persen setelah empat minggu, dan 73 persen setelah 6 bulan.


  • Menyembuhkan Lutut yang Sakit

manfaat yoga, sakit lutut

Sebuah studi membuktikan praktik Yoga Hatha satu jam, tiga hari sepekan selama 8 seminggu mengurangi sakit di lutut pada wanita penderita osteoartritis di lutut.

Itulah tadi beberapa manfaat mengejutkan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan Yoga. Yoga dapat membantu kamu menyatukan pikiran dan tubuh, serta membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ayo lakukan Yoga!

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram